Istilah Backlink Dalam SEO Serta Manfaat Memiliki Backlinks

Backlink adalah salah satu jenis yang paling sangat banyak dicari dan di pergunakan di dalam pengoptimasian mesin pencari (SEO). Banyak blogger yang memulai membangun sebuah blog atau situs web masih mengalami kesulitan didalam memahami apa arti dari “backlink”.

Didalam posting ini, kita mencoba untuk mendapatkan pemahaman tentang apa itu backlink, dan mengapa dianggap penting untuk SEO, dan juuga bisa membantu dalam kesuksesan usaha online. Anda juga akan belajar cara menganalisis backlink pesaing Anda, dan cara memperolehnya untuk situs Anda.

Apa itu Backlinks

Istilah Backlink Dalam SEO

Tautan balik adalah tautan masuk ke halaman web.

Ketika sebuah halaman web menautkan ke halaman lain, itu disebut backlink. Di masa lalu, backlink adalah metrik utama untuk peringkat halaman web. Halaman dengan banyak backlink cenderung peringkat lebih tinggi di semua mesin pencari utama, termasuk Google. Ini masih berlaku untuk sebagian besar.

Berikut adalah daftar istilah umum yang terkait dengan backlink yang harus Anda ketahui:

Backlink adalah tautan yang didapat satu situs web dari situs web lain. Tautan balik membuat dampak besar pada keunggulan situs web dalam hasil mesin pencari.

Inilah sebabnya mengapa mereka dianggap sangat berguna untuk meningkatkan peringkat SEO situs web. Mesin pencari menghitung peringkat menggunakan beberapa faktor untuk menampilkan hasil pencarian.

Tidak ada yang tahu pasti berapa banyak mesin pencari berat memberikan backlink saat mendaftar hasil, namun apa yang kita tahu pasti adalah bahwa mereka sangat penting.

Tautan balik harus alami, ini berarti bahwa situs web tidak boleh menggunakan cara buatan untuk membuat tautan balik untuk situs web mereka sendiri. Kualitas tautan jauh lebih penting daripada kuantitasnya.

  • Juice Tautan : Ketika sebuah halaman web menautkan ke salah satu artikel Anda atau situs web situs web Anda, itu melewati “jus tautan”. Jus tautan ini membantu menentukan peringkat artikel, dan juga meningkatkan otoritas
  • domain . Sebagai seorang blogger, Anda dapat berhenti mengirimkan jus tautan dengan menggunakan tag larangan mengikuti.
  • No-Follow Link : Ketika sebuah situs web menautkan ke situs web lain, tetapi tautan tersebut memiliki tag tidak diikuti , tautan itu tidak lulus jus tautan. Tautan jangan ikuti tidak bermanfaat mengenai peringkat halaman karena tidak berkontribusi apa pun. Secara umum, seorang webmaster menggunakan tag tanpa-ikuti ketika dia menaut ke situs yang tidak dapat diandalkan.
  • Do-Follow Link : Secara default, semua tautan yang Anda tambahkan ke posting blog adalah do-follow links dan pass jus ini.
  • Menautkan Root Domains : Ini merujuk pada jumlah backlink yang masuk ke situs web Anda dari domain unik. Bahkan jika sebuah situs web telah menautkan situs web Anda sepuluh kali, itu hanya akan dianggap sebagai satu domain akar yang ditautkan.
  • Tautan Berkualitas Rendah : Tautan berkualitas rendah adalah tautan yang berasal dari situs yang dipanen, situs otomatis, situs spam, atau bahkan situs porno. Tautan seperti itu jauh lebih berbahaya daripada kebaikan. Ini adalah salah satu alasan Anda harus berhati-hati saat membeli backlink.
  • Tautan Internal : Tautan yang berpindah dari satu halaman ke halaman lain dalam domain yang sama disebut tautan internal. Proses itu sendiri disebut sebagai tautan internal atau interlinking.
  • Anchor Text : Teks (kata atau kalimat yang mengandung link dan bisa diklik) hyperlink disebut anchor text. Tautan backlink teks berfungsi baik ketika Anda mencoba peringkat untuk kata kunci tertentu. Contoh pada kata yang dijadikan keyword Kursus SEO Di Depok

backlink website seo

Manfaat Backlink Didalam SEO :

kelebihan backlink, perlu untuk diketahui bahwa banyak backlink telah berubah dalam beberapa tahun terakhir.

Ada saat ketika bahkan tautan berkualitas rendah membantu menentukan peringkat suatu situs. Namun sejak Google meluncurkan algoritma Penguin -nya, seluruh lanskap backlinking telah berubah.

Penting untuk memiliki backlink dari situs berkualitas, dan backlink tersebut harus kontekstual. Jika, misalnya, Anda memiliki situs tentang ikan, dan Anda membuat tautan dari situs niche lain tentang monyet, tautan ini tidak akan berguna. Sasaran Anda adalah untuk mendapatkan tautan dari situs resmi dan relevan.

Sekarang mari kita lihat mengapa penting bagi Anda untuk membuat backlink ke situs Anda:

1. Meningkatkan Peringkat Organik

Backlink membantu dalam mendapatkan peringkat mesin pencari yang lebih baik.

Catatan penting: “SERP” berarti halaman hasil mesin pencari. Tangkapan layar ini hanya mencerminkan apa yang dilihat orang di Google.

Ini sebuah contoh. Ambil topik “SEO Backlinks ”.

Jika saya memasukkan istilah pencarian ini ke Ahrefs ‘Kata Kunci Explorer ( alat penelitian kata kunci ), saya dapat melihat bahwa sebagian besar halaman peringkat tinggi memiliki banyak backlink :

Jika konten Anda mendapatkan tautan dari situs lain, konten itu secara alami akan mulai menempati peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Jika tidak, maka Anda harus proaktif dan membangunnya.

Tujuan Anda adalah membuat tautan ke setiap posting / halaman bersama dengan yang mengarah ke beranda Anda.

2. Pengindeksan Lebih Cepat

Bot mesin pencari menemukan halaman web baru dengan mengikuti backlink dari halaman web yang ada. Hanya ketika mereka telah menemukan situs Anda mereka dapat menjelajah situs Anda secara efektif .

Akan lebih sulit bagi bot mesin pencari untuk menemukan situs Anda jika Anda tidak memiliki backlink. Khusus untuk situs web baru, penting untuk mendapatkan backlink karena membantu dalam penemuan dan pengindeksan situs Anda yang lebih cepat.

3. Lalu Lintas Rujukan

Salah satu manfaat utama backlink adalah mereka membantu mendapatkan lalu lintas rujukan. Pada dasarnya, seseorang yang membaca posting dapat mengklik tautan di posting untuk mengetahui lebih lanjut tentang topik yang dibahas.

Karena orang mengklik tautan secara sukarela, mereka biasanya lebih bertarget dan kecil kemungkinannya untuk meninggalkan halaman dengan cepat (alias tingkat pentalan rendah).

Biasanya, lalu lintas rujukan ditargetkan dan memiliki rasio pentalan yang rendah.

Jejak : Membuat Link Building Backlink SEO