Apa Yang Dimaksud Dengan Google Crawling Dan Indexing

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Crawling Dan Indexing – SEO seperti lautan yang luas serta sangat dalam. Untuk bisa memahami SEO sepenuhnya, kita sangat perlu untuk juga mengetahui beberapa istilah SEO dasar. Merayapi dan mengindeks adalah dua istilah tersebut yang sering dibicarakan para pakar seo.

Bila kita sebagai pemilik website sering berinteraksi dengan dunia internet, setidaknya pernah mendengar kata-kata seperti :

  1. Google Crawling
  2. Indexing.

Ini adalah dua istilah dimana para pemilik website diseluruh dunia berupaya memahaminya.

Mari mendefinisikan, memahami, dan mendapatkan beberapa informasi mendalam tentang perayapan dan pengindeksan.

Merayapi : (Crawling) Ketika google mengunjungi situs web kita yang bertujuan untuk pelacakan. Proses ini dilakukan oleh perayap Robot Spider Google.

Pengindeksan : (Indexing) Setelah merayapi telah selesai dilakukan, hasil tersebut dimasukkan ke dalam indeks Google (yaitu pencarian website). hal ini adalah browsing yang sering kita lakukan baik melalui firefox maupun chrome dan yang lainnya

google crawling website

Apa sih Google Crawling itu ?

Perayapan Robot Google

Merayapi pada dasarnya merangkak yang juga berarti mengikuti jalan. Di dalam dunia SEO, perayapan berarti mengikuti tautan (link) dan “perayapan” yang berada disekitar situs web milik kita. Ketika bot datang atau berkunjung ke situs web (pada halaman apapun), bot ini mengikuti halaman (link) tertaut lainnya yang juga berada di situs web kita.

Ini adalah salah satu alasan mengapa kami membuat peta situs, karena mengandung semua tautan di blog kami dan bot Google dapat menggunakannya untuk melihat secara mendalam ke situs web.

  • Cara Bot berhenti untuk merayapi pada bagian-bagian tertentu dari website adalah dengan menggunakan file Robots.txt yang dapat membatasi hal tersebut

Apa Yang Dimaksud Pengindeksan Google?

Indexing atau Pencarian Website

Dalam istilah awam, pengindeksan adalah langkah atau proses untuk menambahkan halaman-halaman atau postingan web ke dalam mesin pencarian Google.

Bergantung pada tag meta mana yang Anda gunakan (indeks atau NO-indeks), Google akan merayapi dan juga mengindeks halaman Anda. Tag tanpa indeks yang berarti bahwa halaman itu tidak di indexing dan tentunya tidak akan ditambahkan ke indeks mesin pencarian web.

Secara default, setiap posting dan halaman WordPress diindeks, Saran yang bagus untuk peringkat yang lebih tinggi didalam mesin pencari adalah membiarkan hanya pada bagian-bagian penting dari blog / situs web kita yang bisa diindeks seperti pada contoh website kemitraan kemfood sosis.

Jangan ijinkan untuk mengindeks arsip yang tidak perlu seperti tag, kategori, dan semua halaman tidak berguna lainnya.

Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Perayapan :

Semakin berkembang dan bertambah jumlah situs web diseluruh dunia setiap harinya. Apakah semua orang puas dengan tingkat perayapan dan pengindeksan ?? Tidak!! Kebanyakan orang terus bertanya-tanya mengapa sih banyak juga artikel mereka yang tidak terindeks.

Mari kita lihat beberapa faktor utama yang memainkan beberapa peran penting di backend merangkak dan mengindeks.

Domain

Sejak pembaruan algoritma Google Panda , keutamaan dari sebuah nama domain sangat meningkat secara signifikan. Domain yang dipilih dengan menyertakan kata kunci utama dianggap suatu yang penting.

Selain itu, tingkat perayapan lebih tinggi untuk domain yang memiliki otoritas dan lalu lintas yang baik.

Tautan balik – Backlinks

Semakin banyak backlink yang kita miliki, maka akan semakin dapat dipercaya dan juga mempunyai reputasi bagus di mata mesin pencari.

Jika kita memiliki peringkat yang baik akan tetapi tidak mendapatkan atau mempunyai backlink untuk situs, mungkin saja mesin pencari berasumsi bahwa kita memiliki konten yang kualitas rendah.

Menghubungkan Internal – Internal Linking

Banyak kita jumpai diskusi diberbagai forum mengenai tautan internal (Internal Linking). Orang-orang memberikan saran untuk menggunakan anchor text yang sama didalam artikel yang sama juga karena dapat membantu dalam perayapan mesin untuk mendalami suatu situs.

Yang terpenting untuk kita ingat adalah bahwa tautan internal adalah sebuah praktik yang sangat baik, tidak hanya untuk keperluan SEO saja, tetapi juga untuk mempertahankan pengguna aktif didalam situs web kita.

Peta Situs XML – Site Map

Saat kita membuat situs yang menggunakan CMS WordPress, Kita disarankan untuk menggunakan plugin peta situs XML sehingga peta situs (sitemap) dapat dibuat secara otomatis. Dengan cara seperti ini, Google akan diberitahu bahwa situs Anda telah diperbarui dan dapat dirayapi dengan baik sehingga hasil indexing menjadi bagus juga

blank

Duplicate Content

Ini sangat bisa menjadi buruk untuk website kita. Pernahkah membaca atau menemukan sebuah situs yang memiliki begitu banyak paragraf (kalimat) berulang-ulang yang tersebar di berbagai posting. Situs seperti ini dilarang oleh Google karena telah dianggap sebagai spamming.

Cobalah untuk tidak memiliki konten duplikat didalam situs. Perbaiki semua 301 dan 404 dengan menggunakan arahan ulang (redirect url) Anda untuk perayapan bot dan SEO yang tidak banyak memiliki broken link.

Pinging

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Crawling Dan Indexing – Jika pada proses pembuatan website telah selesai dan telah memiliki konten, Pastikan telah menambahkan sebuah plugin pingWordPress. Pada dasarnya CMS WordPress ini memiliki fitur ping otomatis yang akan menginformasikan mesin pencari tentang pembaruan situs web akan tetapi lebih baik lagi jika kita memasang plugin tambahan tersebut.

Ketika kita berupaya untuk mengoptimalkan situs web berdasarkan point-point diatas tersebut, Google tidak akan punya pilihan selain menjelajah dan segera untuk mengindeks halaman website lebih cepat dan lebih akurat.

Apa yang sudah Kamu lakukan untuk mengindeks situs web supaya lebih cepat?

Chat with us
Enable Notifications.    Ok No thanks